Berita -

PULAU BINTAN YANG MENAWAN

Banyak orang yang belum mengetahui tentang Pulau Penyengat, salah satu pulau di kepulauan Riau yang pernah menjadi pusat Kesultanan Melayu dahulu kala. Terdapat hampir 2000 pulau yang tersebar di kepulauan Riau, namun yang paling terkenal adalah Batam dan Bintan yang memiliki jarak tempuh hanya satu jam perjalanan menggunakan feri dari Singapura. Menariknya, Pulau Bintan memiliki luas dua kali lebih besar dari Singapura, namun pulau ini belum banyak dikunjungi oleh para pelancong seperti halnya pulau-pulau wisata lain di Indonesia, seperti Bali dan Lombok.

Setelah jatuhnya Malaka pada tahun 1511, kekuasaan politik Melayu beralih ke Pulau Penyengat yang terletak di tengah kesultanan Johor-Riau sebelum penjajah Belanda mengubah sistem kesultanan ini pada tahun 1824. Singapura juga telah dianggap sebagai bagian dari kesultanan. Masjid Agung dan komunitas di Pulau Penyengat pernah diusulkan untuk memperoleh status sebagai situs warisan dunia dari UNESCO, namun belum dapat diwujudkan hingga saat ini. Masalah ini sebaiknya segera diselesaikan agar dapat mempopulerkan kembali nama destinasi ini seperti dahulu. Untuk mencapai Pulau Penyengat, kita hanya memerlukan beberapa menit perjalanan air dengan kapal cepat dari Tanjung Pinang.

Pengunjung yang datang ke Pulau Bintan biasanya menuju kawasan Bintan Resort yang terletak di pantai sebelah utara, sambil menikmati keindahan pantai yang dipenuhi pohon kelapa. Selain sebagai tempat beristirahat, jangan lewatkan peluang untuk berkeliling melihat sejarah dan kebudayaan Indonesia di pulau tersebut. Pulau Bintan memiliki ukuran yang luas sehingga Anda akan merasa keletihan untuk menjelajahinya dalam waktu satu hari.

Pulau Bintan juga dikenal sebagai pulau nelayan, maka tidak lengkap jika tidak menikmati makanan laut yang ada di sini. Pengunjung akan dibawa ke tempat pembuatan perahu kayu dan berkunjung ke keramba, yaitu restoran di atas air yang terletak di Pantai Trikora yang menyediakan ikan-ikan segar dalam jaring yang diletakan di bawah keramba yang dapat langsung diambil apabila ada pesanan. Tersedia beragam menu makanan laut seperti ikan, udang, cumi, kepiting dan kerang yang masih segar dengan harga yang terjangkau. Pasar Akau yang terletak di Potong Lembu, Tanjung Pinang, merupakan tempat yang paling cocok untuk menikmati aneka makanan sedap di kawasan terbuka dengan konsep luar ruang tersebut. Kebanyakan makanan di kedai-kedai Pasar Akau disajikan secara segar dengan konsep dapur terbuka sehingga pengunjung dapat melihat langsung proses memasak. Sambil menikmati hidangan, kita dapat berbaur dengan pengunjung lain dari berbagai umur dan kewarganegaraan. Jenis makanan yang ditawarkan bermacam-macam dan menu yang paling banyak dipesan adalah omelet kerang, ikan bakar, nasi goreng, ayam penyet, dan makanan khas Bintan, yaitu siput gong gong atau siput laut. 

LAGOI BAY

Plaza Lagoi yang terletak di Lagoi Bay merupakan tempat perbelanjaan baru yang dirancang dan didukung dengan hadirnya deretan Resort (The Sanchaya, Swiss- Belhotel Lagoi Bay dan yang akan datang yaitu Four Points by Sheraton) dan dilengkapi dengan restoran, kedai dan pusat belanja oleh-oleh khas Bintan. Penyewa utama Plaza ini adalah Pasaraya yang namanya sudah dikenal di Indonesia. Plaza dua lantai ini terletak bersebelahan dengan Danau Lagoi, yang diprediksikan akan menjadi tempat singgah pengunjung untuk membeli berbagai jenis makanan dan minuman. Jika ingin menikmati hiburan, Anda dapat singgah di Flyboyz Beach Bar, tempat ini menawarkan sajian makanan dan minuman populer dengan tempat hiburan menghadap ke pantai. Terdapat pula tantangan bagi yang mampu menyantap Burger Big Boyz dalam waktu lima menit, maka Anda tidak perlu membayar atau gratis.

Kegiatan seru lainnya yang dapat Anda temukan yaitu terbang selama 20 menit dengan Air Adventure Flying Club Bintan. Pesawat amfibia yang disediakan klub ini berangkat dari Danau Lagoi untuk menyusuri pantai, hutan pantai, pulau-pulau luar pesisir dan resort tepi pantai di kawasan Bintan Resort. Nikmati keseruan berada di dalam kokpit pesawat yang terbang rendah di sekitar laut dan pantai utara di pulau tersebut.

RESORT DENGAN SUASANA YANG DAMAI

Bintan Lagoon Resort merupakan sebuah kompleks besar dengan pembangunan yang terpadu yang memiliki total 470 kamar, dua kolam renang dan berbagai konsep fasilitas F&B dengan pemandangan pantai. Pecinta golf pastinya akan jatuh cinta dengan lapangan golf 18-hole yang dirancang oleh pemain golf terkemuka, Jack Nicklaus dan Ian Baker Finch ini. Selain itu Anda juga dapat melakukan kegiatan tepi pantai yang menarik, seperti mengendarai ATV, menyusuri pasir pantai yang hangat sambil merasakan angin pantai yang sepoi-sepoi. Kendaraan ini mudah dikemudikan dan dilengkapi helmet untuk tujuan keselamatan. Bagi orang tua yang memiliki anak, tidak perlu khawatir karena Bintan Lagoon Resort memiliki fasilitas Baby Day Care, sehingga kita bisa menitipkan anak-anak dengan pengasuh yang memberikan kegiatan belajar yang menarik untuk anak-anak.

Bagian dari pantai Bintan dialiri sungai-sungai yang mengalir ke laut yang dipenuhi dengan hutan rawa bakau. Perahu-perahu kecil disediakan bagi mereka yang ingin menjelajahi hutan bakau. Pengunjung dapat menemukan kera-kera kecil berekor panjang, tak jarang pula menemukan ular bakau yang berada menggantung di atas pohon dan juga biawak, burung dan tumbuh-tumbuhan menarik di sepanjang perjalanan.

Sumber: Santai Travel - Edisi Oktober 2015


Topics

  • Culture

Categories

  • #indonesia
  • #bintan
  • #resort
  • #culture
  • #nature
  • #adventure
  • #vacation
  • #leisure
  • #travel
  • #tourism